Cara Update Dapodik

Posted by Blog Operator SMPN 3 Saketi on Kamis, 01 Maret 2018

Cara Update Dapodik terbaru - Peralihan Era yang terjadi pada saat ini terutama dalam sektor Teknologi Informasi begitu terasa dalam kehidupan kita sehari-hari, begitupun halnya dalam pengelolaan data sekolah, yang sudah tersentralisasi menggunakan aplikasi Dapodik. Berkenaan akan pentingnya pengelolaan data dapodik di sekolah, maka operator sekolah dituntut bekerja secara profesional agar validitas data yang diinput pada dapodik bisa optimal, selain itu operator juga harus sering melakukan pembaharuan aplikasi dapodik yang digunakan secara periodik hal ini dilakukan biasanya untuk menambah fitur aplikasi dan juga untuk meningkatkan proteksi dari aplikasi dapodik yang kita gunakan agar lebih aman. Pada dasarnya cara update dapodik versi terbaru ini sudah biasa kita lakukan, yang berarti bukan hal yang sulit, akan tetapi dalam artikel berikut ini saya akan kupas kembali, sebatas hanya untuk mengingatkan saja.

Berikut ini langkah-langkah cara update dapodik terbaru atau dalam kata lain instalasi path dapodik atau juga peningkatan versi dapodik SMP. Ada dua cara yang bisa kita lakukan dalam cara mengupdate dapodik terbaru, yang pertama bisa kita lakukan dengan cara Offline dan kedua dengan cara online. 

Cara Update Dapodik terbaru secara Offline
Cara memperbaharui aplikasi dapodik secara offline ini cukup simpel, yaitu yang pertama pastikan dahulu versi dapodik yang kita gunakan merupakan versi dapodik pendahulunya. Contohnya saya akan update dapodik ke versi 2018b, maka tentunya aplikasi yang sedang saya gunakan harus versi sebelumnya yaitu versi 2018a.

Langkah berikutnya yaitu dengan langsung melakukan instalasi dengan cara klik file exe patch terbaru, apabila belum punya file exe-nya kita harus melakukan download terlebih dahulu dengan mengunjungi laman resmi dapodikdasmen, untuk download silahkan klik link berikut ini http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan setelah itu klik tab UPDATER dan klik unduh updater.


Setelah di download filenya silahkan lakukan instalasi seperti biasa, ikuti instruksi instalasi dan tunggu hingga proses updater selesai. 

Cara Update Dapodik terbaru secara Online
Selain dengan cara offline, cara yang lebih mudah yaitu dengan cara online, yang berarti bahwa komputer kita harus dalam keadaan terkoneksi ke internet. Silahkah lakukan login dapodik seperti biasa, kemudian klik menu Pengaturan, kemudian klik cek Pembaharuan dan klik Lanjutkan kemudian tunggu proses updater hingga selesai, apabila proses sudah selesai silahkan klik muat ulang halaman sekarang. Untuk lebih jelas bisa dilihat seperti gambar di bawah ini



Nah, itulah langkah-langkah bagaimana cara update aplikasi dapodik terbaru, baik secara offline ataupun secara online, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca.

Blog, Updated at: Maret 01, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Form komentar kami moderasi, berkomentarlah dengan bijak. Terima kasih

Cari Artikel