Download PIP penerima Program Indonesia Pintar

Posted by Blog Operator SMPN 3 Saketi on Sabtu, 03 Februari 2018

Download PIP penerima Program Indonesia Pintar - PIP atau kepanjangan dari Program Indonesia Pintar (PIP) dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan program pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yaitu usia sekitar 6 sampai dengan 21 tahun yang berasal dari keluarga tidak mampu atau miskin, atau juga rentan miskin pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang biasa dicairkan via sekolah.

Adapun tujuan dari adanya PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal mulai dari tingkat SD/MI hingga Lulus SMA/SMK/MA maupun pendidikan non formal mulai dari tingkat Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar. Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa yang putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Adapun besaran uang yang diterima oleh Peserta didik adalah : untuk peserta didk tingkat SD/MI/Paket A mendapatkan Rp. 450.000,-/tahun, sedangkan untuk peserta didik tingkat SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan Rp. 750.000,-/tahun, dan untuk peserta didik di tingkat SMA/SMK/MA/Paket C akan mendapatkan Rp. 1.000.000,-/tahun. Adapun untuk lebih detail jumlah untuk kelas akhir di setiap jenjang dapat dibaca di Petunjuk pelaksanaan PIP Kemendikbud Tahun 2016.

Nah, berikut ini cara download PIP yaitu data penerima PIP, baik yang belum cair ataupun data yang sudah cair dengan cara silahkan kunjungi web sipintar dengan cara klik link di bawah ini :


Silahkan login dengan menggunakan username NPSN sekolah dan paswordnya adalah kode registrasi Dapodik sekolah, setelah berhasil login silahkan klik menu Siswa, dan lanjutkan dengan memilih tahun PIP dan pilih juga status pencairan, setelah itu klik search, 


Apabila sudah tampil datanya silahkan downlod PIP untuk menguduh data. Pada data ini cukup lengkap mulai dari nama siswa penerima PIP, nominal uang, tahap, virtual ACC, dan juga nomor rekening bank. Nah itulah artikel mengenai download PIP atau data penerima program Indonesia Pintar mudah-mudahan bermanfaat.

Blog, Updated at: Februari 03, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Form komentar kami moderasi, berkomentarlah dengan bijak. Terima kasih

Cari Artikel